6 Cara Merawat Bunga Yang Benar

Bunga merupakan tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias atau biasanya dipajang di tempat tertentu seperti taman atau di depan rumah untuk memperindah suasana di tempat tersebut. Bunga dijadikan hiasan karena keindahan warna, keunikannya, wanginya, dan juga karena bisa membuat penampilan suatu tempat menjadi berbeda atau lebih hidup. Macam atau jenis bunga sendiri ada sangat banyak, mulai dari anggrek, mawar, melati, dan jenis lainnya yang biasanya digunakan sebagai penghias taman atau untuk memperindah taman. Untuk memperoleh bunga sendiri, kita bisa membelinya atau membesarkannya sendiri, tapi entah itu mau dibeli atau dibesarkan sendiri, tetap harus membutuhkan perawatan yang tepat agar bisa bertahan lama dan terus menghiasi taman depna rumah anda.
Cara merawat bunga sendiri tidak begitu sulit, cukup berikan sedikit perhatian seperti halnya merawat hewan piaraan. Perawatan bunga bisa anda mulai seperti melakukan penyiraman, pemupukan, dan hal lainnya yang diperlukan bunga untuk tumbuh dan berkembang. Beberapa metode perawatan bisa anda lakukan diantaranya :

1. Memberi air secara teratur kepada bunga anda, akan membuat bunga anda tampak terus segar dan cerah. Anda harus membuat bunga anda tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah, cukup berikan air secukupnya secara berkala atau juga cukup berikan air saat kondisi tanah ci pot bunga sudah mulai mengering. Pada intinya sesuaikan saja porsi air dengan jenis bunga yang anda pelihara, karena ada beberapa jenis bunga yang tidka membutuhkan air yang banyak seperti kaktus dan juga ada yang membutuhkan cukup banyak air.

2. Letakkan pot bunga anda di tempat yang terbuka dan usahakan terkena cahaya matahari, karena jika anda menempatkannya di tempat yang tertutup, maka cahaya matahari yang berfungsi dan sangat berguna bagi tanaman termasuk bunga tidak akan tumbuh dengan baik. Perlu juga anda perhatikan ada jenis bunga yang butuh cahaya matahari yang banyak dan ada juga yang hanya butuh sedikit saja cahaya matahari.

3. Pemilihan jenis tanah jua sangat penting bagi bunga yang anda pelihara, pastikan anda menggunakan tanah yang cocok untuk jenis bunga anda. Anda bisa browsing di internet mengenai jenis tanah yang cocok untuk jenis bunga anda.

4. Salah satu cara merawat bunga yang terbaik adalah dengan pemupukan secara berkala, Anda bisa membaca takaran dan waktu pupuk pada label kemasan pupuk. Usahakan untuk menggunakan pupuk cair atau yang bisa dilarutkan dalam air. Gunakan pupuk khusus tanaman bunga dan bukan untuk pohon atau buah-buahan.

5. Jauhkan bunga anda dari jangkauan anak-anak dan juga hewan peliharaan, karena tentu anda tahu bagaimana jadinya jika anak-anak dan hewan piaraan anda mendekati bunga yang sedang anda rawat.

6. Jika anda ingin menghemat dalam merawat bunga, Anda perlu menggunakan pupuk kandang untuk masalah pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang dicampur dengan tanah untuk dijadikan media tanam yang tepat.

Tinggalkan komentar